Teknik Shalat Khusu'

Shalat Bagi Laki-laki
Sebagai hamba Allah SWT yang beriman, kita dibebankan kewajiban untuk menyembah-Nya dengan segenap kemampuan yang kita miliki. Kewajiban shalat tersebut dibebankan 5 Waktu sehari semalam. Kewajiban shalat ini menjadi sangat urgen karena merupakan satu-satunya media yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun banyak diatara kita umat Islam yang tidak faham bagaimana shalat yang sebanarnya.
Berikut saya akan memaparkan teknik yang benar dan tepat dalam gerakan-gerakan shalat...se,oga berguna untuk kita semua....

Cara berdiri;
Menghadaplah ke kiblat dengan mantap dan tegak lurus, serta pandangan di arahkan ke tempat sujud.
Niat:
Niat dilafazkan bersamaan dengan takbiratul ihram, yang terpenting diniatkan adalah :shalat apa, rakaat dan karena Allah.
Takbir:
Takbir yang baik dan tepat adalah dengan mengangkat ke dua tangan dan telapak tangan menghadap kiblat, ibu jari sejajar dengan ujung bawah daun telinga.
Sedakep:
ketika tangan bersedakap sebaiknya di geser agak ke kiri sedikit tepat diatas hati, ini mengandung filosofi bahwa kita menutup hati kita untuk tidak mengingat yang selain Allah karena sifat hati yang bergolak.
Rukuk:
rukuk yang baik dan benar adalah: kedua telapak tangan memegang lutut, tangan lurus dan pandangan menghadap tepat ke tempat sujud serta punggung lurus dengan kepala.
Sujud :
ada beberapa rukun dalam sujud dan harus dipenuhi, yaitu kening harus menyentuh tempat sujud tanpa ada rambut atau apapun yang menghalanginya dan bagi yang rambutnya pajang usahan menggunakan topi karena ada kaedah dalam fiqh : "ma la yatimmul wajibu illah bihi fahuwa wajibun" apa saja yang karenanya sesuatu yang wajib menjadi lengkap, maka hal itu juga wajib. hidung harus menyentuk tempat sujud, jari-jari tangan di rapatkan (hal ini mengandung filosofi bahwa rahmat Allah itu datangnya dari bawah. Jari-jari kaki ke semuanya harus menyentuh tempat sujud. Perut agak dinaikkan.
Dalam shalat ada istilah tuma'ninah (yaitu diam sejenak disetiap gerakan shalat, misalnya pada waktu rukuk atau i'tidal).
Semoga berguna untuk kita semua.......

0 komentar:

Posting Komentar